Proses Pembuatan Bola Sepak

Posted By: ADMIN TOKOGROSIRBOLA Di: News & info On: Wednesday, May 3, 2017 Views: 2698

Sebagai pecinta sepak bola pernahkah Anda membayangkan tentang bagaimana bola sepak itu dibuat? 

Sebagai pecinta sepak bola pernahkah Anda membayangkan tentang bagaimana bola sepak itu dibuat? Apakah sulit membuatnya? Dalam membuat bola sepak yang dilakukan oleh sebuah produsen bola biasanya ada dua kegiatan inti yang akan dilakukan dalam pembuatannya, yaitu pembuatan bagian dalam bola dan pembuatan kulit bola yang dilakukan secara terpisah dan saat keduanya sudah jadi maka akan disatukan dengan cara ditempel menggunakan alat berteknologi. Maka dari itu biasanya pabrik bola yang jual bola murah dan jual bola original akan menggabungkan cara tradisional dan modern dalam pembuatan bola sepak sehingga bisa menghasilkan sebuah bola yang berkualitas dan baik untuk digunakan bermain. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang pembuatan bola sepak ini maka simaklah informasi berikut ini sebagai tambahan pengetahuan Anda tentang sepak bola.

Pemotongan Bahan dan Pembentukan Pola

Dalam membuat bola sepak biasanya yang akan dibuat pertama kali adalah bagian dalam bolanya. Pertama tentunya Anda akan perlu memotong bahan yang akan digunakan untuk membuat bagian dalam bola. Setelah itu dari bahan yang sudah dipotong tadi oleh grosir bola maka Anda harus memotongnya kembali membentuk pola pada bola yang biasanya pada bola sepak tercetak bentuk segi lima. Nah Anda harus memotong bahan tadi menjadi bentuk-bentuk segi lima menggunakan sebuah alat khusus yang langsung akan dapat memotong pola menjadi banyak segi lima. Setelah satuan segi lima itu terbentuk lalu dijahit menjadi satu menggunakan mesin jahit.

Proses Kedua Dengan Mesin

Jika pada proses yang sebelumnya Anda menggunakan cara tradisional dengan menjahit pola maka pada tahapan selanjutnya harus dilanjutkan menggunakan mesin yang khusus bernama track machine, nantinya mesin ini akan membuat bagian dalam pada bola yang sudah dibentuk dan dijahit menjadi satu ini agar memadat. Proses ini hanya bisa dilalui dengan menggunakan track machine yang biasa digunakan oleh pengrajin bola murah yang sudah berpengalaman. Jika tanpa mesin ini maka proses ini tidak akan bisa menghasilkan bagian dalam bola yang kuat dan berkualitas baik.

Proses Pembuatan Kulit Luar Bola

Setelah itu maka Anda harus membuat bagian kulit luar bola biasanya bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah bahan dari kulit sintetis yang bisa membuat permukaan bola tetap empuk dan bisa tahan segala cuaca. Pertama tentunya Anda harus membuat pola segi lima yang sama seperti saat Anda hendak membuat pola untuk bagian dalam bola tadi. Setelah polanya jadi maka dicat sesuai dengan warna luar yang diinginkan untuk bola tersebut nantinya. Setelah itu proses penambahan soklet pada bagian luarnya biasanya dilakukan oleh pengrajin bola dengan cara manual dengan menggunakan tangan manusia, sehingga lebih akurat.

Proses Tahap Akhir

Setelah itu proses tahapan akhir yang dilakukan oleh jasa pembuatan bola dalam membuat bola sepak adalah dengan cara melakukan press pada kulit luar yang sudah ditambahi soklet agar menjadi lebih kuat lagi. Setelah itu pola untuk kulit luar itu ditempelkan kepada bagian dalam bola menggunakan cetakan dengan mesin yang lebih akurat dan kuat dalam menempelkan kulit pada bagian dalam bola itu nantinya. Setelah dari proses cetakan ini maka bola yang sudah jadi harus ditimbang dahulu untuk memeriksa apakah bola yang dibuat sudah sesuai ukurannya dengan standar bola sepak yang telah ditetapkan baik secara nasional maupun internasional.